Soft Skill Tugas: Tulisan Bebas

Standar

1. Peran Mahasiswa Terhadap Kemajuan Bangsa Saat Ini

Banyak hal yang dapat dan telah mahasiwa lakukan saat ini. beberapa kelompok mahasiswa mendirikan organisai untuk kepentingan bangsa. seperti organisasi anti Narkoba, anti Korupsi, ekonomi, bisnis, dll. dengan demikian mahasiswa sudah berperan untuk kemajuan bangsa.

karena lewat organisasi ide-ide mahasiswa dapat ditampung. misal organisasi ekonomi di tiap kampus berkumpul dan menghasilkan sebuah ide cemerlang untuk kepentingan bangsa dalam hal ekonomi.

tidak lupa dengan mahasiswa yang mengharumkan nama Indonesia diajang Internasional, misalnya menang dalam sebuah kompetisi. dengan demikian nama Indonesia dikenal oleh berbagai macam negara. dan Indonesia tidak lagi diremehkan oleh bangsa lain.

jadi, sebaiknya jangan hanya memandang mahasiswa dengan hal-hal negatif. seperti tukang tawuran, hanya bisa bikin rusuh, sampah masyarakat, dll. tapi lihatlah sisi positif yang telah dilakukan. sebaiknya mahasiswa yang berperilaku negatif dituntun dan diberi arahan agar menjadi mahasiswa yang bermanfaat bagi bangsa.

2. Sarjana yang Berguna Bagi Masyarakat

sarjana yang berguna bagi masyarakat adalah sarjana yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat. tingkah laku dan pola pikir sangat berperan dalam hal ini. yang dilakukan sarjana haruslah bermanfaat, agar menjadi nilai guna untuk masyarakat

misalnya:

-seorang sarjana lulusan kedokteran sudah bisa membuka praktek. dengan demikian warga disekitar tempat prakteknya tidak mesti jauh-jauh ke rumah sakit apabila sakit. ini dapat memudahkan warga dalam hal waktu jika terdesak.

-seorang sarjana lulusan pendidikan sudah bisa membuka bimbingan belajar. dengan demikian warga sekitar yang memerlukan tenaga pengajar untuk anaknya bisa mendaftarkan anaknya ditempat tersebut yang tentunya lebih dekat dari rumahnya.

-sekumpulan sarjana yang menggalangkan dana untuk aksi bakti sosial dan kemanusiaan.

-sekumpulan sarjana yang mendonorkan darah untuk kepentingan kesehatan.

-seorang sarjana lulusan manajemen yang membuka usaha. tentu saja sarjana tersebut membutuhkan karyawan, dengan demikian warga sektar yang menganggur bisa turut kerja di tempat usaha tersebut. hal ini dapat mengurangi tingkat angka pengangguran.

contoh di atas hanya sebagian kecil peran sarjana di masyarakat, masih banyak yang telah sarjana lakukan untuk masyarakat yang tidak mungkin saya sebutkan semuanya. jadi banyak al yang sarjana lakukan untuk masyarakat.

3. Menumbuhkan Semangat Belajar

biasanya yang membuat kita malas belajar adalah karena sebuah alasan yaitu “pengajar”. kita sudah terlebih dahulu membenci pelajaran tersebut karena pengajarnya mungkin sok galak, sok bijak, gak asik, ngebosenin, dll. jika sudah begitu hanya rasa males yang akan malas yang akan timbul, dan dampaknya adalah nilai-nilai pada tiap-tiap mata kuliah akan menurun dan anjlok. yang rugipun diri sendiri.

memang bukan hal mudah untuk menumbuhkan semangat belajar. namun ada satu hal yang harus dilakukan agar tumbuh semangat, yaitu dimulai dengan rasa mencintai pelajaran yang akan kita pelajari.

dengan rasa cinta tersebutlah timbul rasa semangat belajar dalam diri. jika sudah timbul semangat belajar, kita akan menikmati pelajaran tersebut. tentu saja hasilnya nanti akan memuaskan, nilai-nilai pada tiap mata kuliah akan meningkat dan bertahan.

tapi bukan itu saja yang menumbuhkan semangat belajar, suasana kelas juga mempengaruhi semangat belajar. suasana kelas harus nyaman, bersih, dingin. dengan demikian yang berada di dalam kelas akan nyaman dan semangat untuk belajar.

jadi intinya adalah mulailah dengan rasa mencintai pelajaran….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s