Ngebantu Ibu Ngerjain Tugas Kuliahnya (Lumayan Nambah Ilmu)

Standar

1.

  • Tujuan pendidikan menurut J.J. Rousseau adalah membentuk manusia bebas, merdeka, tanpa tekanan, ikatan atau untuk tujuan tertentu. Jenis pendidikan meliputi jasmani dan rohani. Usaha pendidikan secara individualistis dimaksudkan agar anak tidak mendapat pengaruh dari masyarakat.
  • Tujuan pendidikan menurut John Dewey adalah meningkatkan lembaga-lembaga yang membentuk masyarakat. Sedangkan isi pendidikan adalah mata pelajaran yang memberikan impulse kepada anak didik. Isi tersebut meliputi menejemen dan pelaksanaan semua materi pelajaran
  • Tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah bagaimana memerdekakan manusia sebagai anggota dari sebuah persatuan (rakyat). Kemerdekaan yang dimaksud adalah kemerdekaan yang bersifat dewasa dan menjunjung tinggi nilai-nilai hidup bersama. Oleh karena itu, setiap orang merdeka harus memperhatikan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana ia hidup. Dalam hal ini harus menyadari bahwa setiap individu juga memiliki hak yang sama seperti dirinya yang juga berhak menuntut kemerdekaanya.

2.

  • Tujuan pendidikan menurut J.J. Rousseau menurut saya dapat diterapkan di PAUD, seperti membebaskan anak didik untuk berekspresi dan berkarya selama masih dalam pengawasan pengajar. Sebagai pengajar saya memperbolehkan anak untuk mengeluarkan pendapat dan kreatifitasnya tanpa tekanan. Karna dengan cara seperti itu anak didik menikmati hari-harinya di PAUD dan lebih bersemangat untuk belajar.
  • Tujuan pendidikan menurut John Dewey menurut saya dapat diterapkan di PAUD, seperti memberikan ilmu pengetahuan yang lebih banyak dan luas untuk para pengajar. Agar pengajar bisa memberikan impulse yang lebih baik kepada anak didik.
  • Tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara menurut saya dapat diterapkan di PAUD, penerapan ini sama seperti yang diterapkan pada contoh penerapan tujuan pendidikan menurut J.J Rousseau. Hanya saja, kebebasan yang diterapkan pada anak didik lebih dituntun pada kedewasaan.

3.

  • Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. pengertian pendidikan menurut H. Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
  • Pengertian pendidikan menurut m.j langeveld Pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak dan merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.
  • Pengertian pendidikan menurut prof h mahmud yunus Pendidikan adalah usaha-usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan peningkatan keilmuan jasmani dan akhlak sehingga secara bertahap dapat mengantarkan si anak kepada tujuannya yang paling tinggi, agar si anak hidup bahagia serta seluruh apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  • Menurut saya sendidri pendidikan adalah interaksi dan usaha yang dilakukan oleh pengajar kepada yang diajar guna memberi suatu ilmu yang bermanfaat dimasa kini dan masa yang akan datang.

 

Sumber:

http://jas-merah.blogspot.com/2006/12/jj-rousseau-1712-1778.html

http://luznadamai.wordpress.com/2010/03/13/john-dewey-dan-demokrasi/

http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli/

http://utuy-semrawut.blogspot.com/2012/01/pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s