Review I: Abstract

Standar

REVIEW

Pengaruh Anggota terhadap Keberhasilan Koperasi KPRI Harum Kec. Punung Kab. Pacitan

Oleh:

Wening Patmi Rahayu

Wening Patmi Rahayu adalah dosen tetap Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negri Malang

Jurnal Ekonomi dan Manajemen Volume 6, Nomor 3, Oktober 2005

ABSTRACT

Abstract: This research aims to examine the effect of contributive and participative incentives on the successfulness of civil servant cooperative (KPRI) in pacitan east java. Data was collected using questioner distributed to all cooperative members in the region. Using multiplr linear regression under significance level of  0,05 this research found that there were significant effects of contributive participation and incentive participation to cooperative successfulness either partially or simultaneously. In addition incentive participation was proven to show the dominating effect to cooperative successfulness.

Keywords: contributive participation, incentive participation, cooperative successfulness.

Partisipasi anggota merupakan realisasi dari peran anggota yang berkaitan dengan ketatalaksanaan organisasi koperasi, yaitu; (1) para anggota yang dikaitkan dengan haknya; dan (2) peran anggota yang dikaitkan dengan haknya. Oleh sebab itu, partisipasi anggota sangant diperlukan dalam rangka kemajuan usaha koperasi. Kesadaran berpartisipasi dalam koperasi perlu ditumbuhkan kepada para anggota koperasi.

Untuk menumbuhkan kesadaran ini bukanlah hal yang mudah, untuk itu diperlukan waktu yang tidak singkat dan juga koperasi harus bisa menanamkan kepercayaan pada anggota koperasi. Partisipasi anggota diperlukan adanya dalam koperasi, karena hidup dan matinya koperasi yang menentukan adlah anggota koperasi itu sendiri.

Dalam suatu organisasi koperasi, partisipasi anggota akan mempengaruhi keberhasilan koperasi. Hal ini dingkapkan oleh Nimpoema (1988) bahwa partisipasi atau peran serta diperlukan dalam semua situasi, di mana manusia hendaknya bekerja sama mengusahakan sesuatu. Harsono

(1985) menyatakan bahwa dalam peran serta atau partisipasi terhadap: (1) keterlibatan mental atau emosi kehadiran pribadi sesorang dalam suatu kelompok; (2) kesediaan memberikan kontribusi.

Lebih lanjut Hendar dan Kusnadi (1999) menyatakan bahwa partisipasi kontributif dengan partisipasi insentif terdapat hubungan yang sangat erat: (1) dalam rangka membiayai pertumbuahan koperasi, kontribusi keuangan yang baik yang berupa simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela maupun yang berasal dari usaha sendiri para anggota; (2) setelah dana terkumpul digunakan oelh koperasi, proses pengambilan keputusan mengenai penetapan tujuan dan kebijaksanaan serta proses pengawasan jalannya koperasi harus melibatkan anggota; (3) untuk mendukung pertumbuhan koperasi, anggota koperasi harus memanfaatkan setiap pelayanan yang diberikan koperasi.

Sehingga dapat dikatakan bahwa peranan partisipasi anggota sangat penting dalam rangka menunjang keberhasilan usaha koperasi dapat dilihat dari berbagai aspek, a.1: (1) Sisa Hasil Usaha (SHU) yang mengalami peningkatan dari setiap periodenya; (2) modal usaha koperasi mengalami peningkatan; (3) bidang usaja yang dijalankan mengalami kemajuan; dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini peneliti mencoba menguji pengaruh antara partisipasi anggota terhadap keberhasilan koperasi dengan memperluas varabel independennya (variabel X-nya). Keberhasilan koperasi oleh peneliti akan akan dilihat pada aspek Sisa Hasil Usaha (SHU) sebagai salah satu wujud dari keberhasilan koperasi. Harapan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana pengaruh partisipasi kontributif terhadap keberhasilan koperasi?; (2) bagaimana pengaruh partisipasi insetif terhadap keberhasilan koperasi?; dan (3) bagaimana pengaruh partisipasi kontributif dan partisipasi insentif terhadap keberhasilan koperasi secara simultan?.

 

Nama / NPM   : Yunika Kumalasari / 27211672

Kelas / Tahun  : 2EB09 / 2012

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s