Review I: Abstrak

Standar

REVIEW

PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD TANI WILIS KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

 

Oleh:

Sulastri Rini Rindrayani

Cakrawala Pendidikan, Volume 11, Nomor 1 April, 2009

ABSTRAK

Abstrak: tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan variabel harga dan pelayanan anggota terhadap partisispasi anggota di KUD Tani Wilis Kecaatan Sendang Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui diantara variabel harga dan pelayanan anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk mengetahui diantara variabel harga dan pelayanana anggota maa yang paling dominan berpengaruh terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini 230 anggota KUD Tani Wilis. Sedangkan sampelnya 30% (69 anggota) diambil dengan teknik area proposional random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dan instrument. Alternative jawaban ada empat option dengan penskoran bila jawab a+= skor 4, b,= skor 3, c= skor 2, dan d= skor 1. Teknk analisis data menguunakan analisis statistic regresi linear berganda dibantu dengan bantuan program SPSS 12.00. Dari hasil analisis terbukti (1) secara simultan varabel harga dan pelayanan anggota berpengaruh secara signufikan terhadap partisispasi anggota. Hal ini terbukti besar F hitung adalah 51,988. Sedangakan besar F tabel pada F (2; 68 : 0,05) adalah 3,13, berarti F hitung > F tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besar pengaruh secara simultan sebesar (R square 0,612) atau 61,2%, sedangkan sebesar 38,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti (2) Dari hasil analisis secara parsial variabel Harga (X1) tidak berpengaruh terhadap partisipasi anggota, hal ini terbukti thitung b1= 1.825 < ttabel= 3,14 berarti Ho diterima Ha ditolak. (3) dari hasil analisis secara parsial variabel pelayananan anggota (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi anggota, hal ini terbukti thitung b2= 7,968 > ttabel= 3,14 berarti Ho ditolak Ha diterima. Variabel yang paling dominant berpengaruh adalah variabel harha dengan besar pengaruh 69,4%

Kata Kunci “ Harga, Pelayanan Angoota dan Partisispasi Anggota

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan malandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakkan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan”. ( UU NO. 25 , 1992 : 71 ) Pengertian tersebut menunjukkan bahwa koperasi adalah sebagai badan usaha maka dalam pengelolaannya prinsip koperasi dan ciri kas koperasi.

Pengertian tentang koperasi yang terdapat pada UU NO. 25 tahun 1992 tersebut juga dapat dijelaskan bahwa koperasi sebagai badan usaha tidak meninggalkan tujuan koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Koperasi harus mengutamakan pelayanan anggota yang optimal daripada non anggota. Koperasi sebagai badan usaha bersifat “servis motif” bukan “profit motif” artinya bahwa pelayanan anggota lebih diutamakan daripada mencari keuntungan. Sifat Koperasi inilah yang merupakan salah satu ciri sebagai pembeda dengan badan usaha non koperasi

Sebagai badan usaha koperasi harus mampu bersaing dengan badan usaha non koperasi, baik dalam pelayanan, harga, kualitas produk, pemasaran produk dan sebagainya sehingga anggota akan tertarik untuk selalu berpartisipasi melakukan transaksi di koperasi.

Salah satu perangsang untuk menarik anggota agart tetap menjadi pelanggan koperasi adalah harga. Dengan harga produk yang menarik maka anggota koperasi akan selalu menjual produknya atau melakukan pembelian di koperasi.

Faktor lain yang sapat merangsang anggota agar berpartisipasi adalah pemberian layanan anggota secara optimal. Semakin optimal koperasi dalam pemberian pelayanan kepada anggota semakin besar anggota untuk berpartsispasi kepada koperasi.

Berkait dengan permasalahan di atas maka peneliti ingin mengkaji lebih jauh “Pengaruh harga dan pelayanan anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung”.

Tujuan penilitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan variabel harga dan pelayanan anggota terhadap partisispasi anggota di KUD Tani Wilis Kecaatan Sendang Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui diantara variabel harga dan pelayanan anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mengetahui diantara variabel harga dan pelayanana anggota maa yang paling dominan berpengaruh terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.

Nama / NPM   : Yunika Kumalasari / 27211672

Kelas / Tahun  : 2EB09 / 2012

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s