Review II: Metode

Standar

REVIEW

Pengaruh Anggota terhadap Keberhasilan Koperasi KPRI Harum Kec. Punung Kab. Pacitan

Oleh:

Wening Patmi Rahayu

Wening Patmi Rahayu adalah dosen tetap Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negri Malang

Jurnal Ekonomi dan Manajemen Volume 6, Nomor 3, Oktober 2005

METODE

            Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menguji variabel pengaruh partisipasi kontributif (X1) dan variabel partisipasi insentif (X2) terhadap variabel keberhasilan koperasi (Y). Makseud penelitian explanatory adalah penelitian yang menjelaskan hubungan dan pengaruh antara variabel-varabel melalui pengujian hipotesis.

Penarikan sampel dialkuakn dengan teknik sampling jenih, yaitu: penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel (singarimbun dan effendi, 1995). Mengingat jumlah populasi dalam penelitian ini termasuk kecil, yaitu 74orang maka semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Tujuannya adalh agar sampel yang diambil bisa lebih representatif.

Dalam hal pengukuran varabel penelitian, instrumen yang digunakan berupa kuesioner, yang diuji secara nyata validitas dan reliabilitisnya. Uji dilakukan agar peneliti memiliki data yang valid dan reliabel. Validitas adalah ukuran yang menunjukan tingkat kasahihan atau kevalidan suatu alat ukur (Arikunto, 2002). Apabila korelasi (r) di bawah 0,30 maka dapat disimpulkan bahwa butir instrumen tersebut tidak valid, sehingga harus diperbaiki atau dibunag. Sadangkan reliabilitas merupkan tingkat keterandalan suatu instrumen yang berarti cukup dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data, untuk melihat reliabilitasnya digunakan rumus α (Arikunto, 2002):

b

            Pada hasil uji validitas dan reliabilitas untuk penelitian ini menunjukan bahwa item-item yang diuji dalam variabel penelitian ini adalah valid dan reliabel.

Pengukuran masing-masing item dengan manggunakan skala likert, yang terdiri dari 4 option yang mempunyai tingkatan sangat tinggi sampai dengan rendah yang ditetapkan secara bervariasi sesuai dengan kategori pertanyaan. Sedangkan pada varabel keberhasilan koperasi (Y) digunakan data Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diambil dari dokumentasi SHU KPRI harum th 1998-2003.

Analisis data yang digunakan adalah teknik analisa regresi linear berganda (multiple regression) dengan model (Sudjana, 1992):

b

            Untuk mengestimasi dengan menggunakan model regresi ganda  (multiple regression) terstandardisasi, beberapa uji asumsi klasik yang harus dipenuhi, yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Z, multikolinieritas dengan nilai VIF (Variance Inflation Factor), Uji linieritas dengan menggunakan Scatter Plot, Heterokedastisitas dengan uji Glestyers dan Autokorelasi denan nilai Durbin Watson.

Untuk uji secara parsial dilakukan uji t (individua test) digunakan untuk mengetahui pengaruh dari tiap-tiap variabel independent terhadap variabel dependent. Rumus uji t (uji secara parsial) adalah (sanusi, 2003):

b

Sedangkan uji F digunakan untuk menguji pengaruh secara simultan variabel independen terhadap varabel dependen. Rumus yang digunakan adalah (Sanusi, 2003):

b

Adapun untuk menarik kesimpulan di dalam tujuan penelitian adalah dengan membandingkan hasil signifikansi perhitungan statistik dengan toleransi kesalahan sebesar 5% (0,04). Dalam menganalisis data penelitian digunakan bantuan program komputer SPSS For Windows versi 11.0.

 

Nama / NPM   : Yunika Kumalasari / 27211672

Kelas / Tahun  : 2EB09 / 2012

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s