Review III: Metode Pengumpulan Data

Standar

REVIEW

PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD TANI WILIS KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

 

Oleh:

Sulastri Rini Rindrayani

Cakrawala Pendidikan, Volume 11, Nomor 1 April, 2009

 

METODE PENGUMPULAN DATA

Populasi

Populasi dalm penelitian ini adlah seluruh anggota KUD Tani Wilis yang berjumlah 230 orang. Sedangkan sampel diambil dengan cara : (1) menentukan Anggota Koperasi di KUD berdasar tempat tinggalnya (wilayah) = sampling area. (2) mengambil secara proporsional sebesar 30% dari anggota sampel area, (3) pengambilan 30% dari sampling secara random. Berdasarkan langkah-langkah pengambilan sampling tersebut maka teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik area proporsional random sampling.

 

Variabel Penelitian

      Variabel harga (X1) dalam penelitian ini meliputi harga pembelian prodta dalm uk yaitu pembelian produk dari anggota dimana anggota menjual susunya ke KUD dan harga penjualan yaitu KUD menjual produknya kepada anggota. Adapun sebagai indikatorharga produk antara lain : (1) penetapan harga prodik penjualan, (2) penetapan harga produk pembelian (3) penetapan harga produk berdasarkan kualitas produk. (4) penetapan harga produk pembelian oleh KUD (5) penetapan harga produk pembelian berdasarkan jumlah produk yang dijual anggota.

      Variabel Pelayanan Anggota (X2) sebagai indikator dalm variabel ini adalah melayani transaksi anggota dalam usaha pertokoan dan usaha produksi. Pelayanan anggota dalm transaksi ini meliputi, keramahan, kecepatan, ketepatan timbangan, kesediaan produk yang selalu ada, pengemasan produk dan pengiriman produk.

      Variabel Terikat (Y) sebagai variabel terikat (Y) yaitu variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu partsipasi anggota dalam membayar simpanan, keaktifan dalam membeli produk di KUD, keaktifan dalm menjual produk Metode Pengumpulan Data.

 

Metode Analisis Data

      Dalam pembahasan sebelumnya peneliti sudah menjelaskan bahwa jenis penelitian ini adlah penelitian kuantitatif bersifat pengaruh. Karena penelitian kuantitatif maka untuk menganalisis data yang suadah terkumpul dengan menggunankan statistik. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh harga dan pelayan terhadap partisipasi anggota menggunakan analisis regresi linier berganda.

 

HAIL PENELITIAN PEMBAHASAN

Diskripsi Obyek Penelitian

bb

Kegiatan Usaha KUD Tani Wilis tahun 2008 (1) unit penggilingan padi, (2) unit penggilingan padi, (3) unit pelayan listrik, (4) pelayanan sarana produksi ternak, (5) unit pengelolaan makanan ternak (PMT), (6) unit pertokoan, (7) pelayanan sarana produksi ternak (saproank), (8) unit pengelolahan makanan ternak (PMT), (9) unit pertokoan, dan (10) unit angkutan.

 

 

Sajian Data

Diskripsi Variabel Harga (X1)

Jawaban item no 1 tentang penetapan harga produk penjualan di KUD Tani Wilis sesuai harga pasar yang paling dominan dalam kategori “di bawah harga pasar” dengan frekuensi 44,3%. Jawaban item no. 2 tentang penetapam harga produk pembelian di KUD Tani Wilis sesuai harga pasar yang paling dominant adalah kategori “di bawah harga pasar” dengan frekuensi 50%. Jawaban item no.3 tentang apakah dalam penetapan harga produk pembelian KUD Tani Wilis dengan mempertimbangakan kualitas produk yang paling dominan adalah kategori “sering” dengan frekuensi 50%.

 

Diskripsi Variabel Pelayanan Anggota (X2)

Jwaban item no.1 tentang pada saat membeli/menjual di KUD Tani Wilis apakah dilayani dengan ramah, yang paling dominant adalah kategori “ramah” dengan frekuensi 55,7%. Jawaban item no. 2 tentang pada saat membeli/menjual produk di KUD Tani Wilis dilayani dengan cepat, yang paling domian adalah kategori “cepat”. Jawaban no.3 tentang penimbangan produk yang paling dominan adlah kategori “cukup tepat”.

 

Diskripsi Variabel Partisipasi (Y)

Jawaban item no.1 tentang ketertiban anggota dalam membayar simpnan wajib, yang paling dominan adalah kategori “tertib” dengan frekuensi 62,9%. Jawaban item no. 2 tentang tertib membayar simoanan sukarela tiap bulan, yang paling dominan adalah “tertib membayar simpanan setiap bulan sekali” dengan frekuensi 38,6%. Jawaban item no. 3 tentang keseringan membeli produk di KUD Tani Wilis, yang paling dominan adalah kategori “cukup sering” dengan frekuensi 52,4%.

 

 

 Analisis Data

Analisis Kolerasi Secara Parsial

b

Dari hasil analisis di atas dengan menggunakan program SPSS 12.00 koefisien kolerasi dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dapat dijelaskan sebagai berikut:

Kolerasi variabel harga (X1) dengan partisipasi anggota (Y) r hitung 0,475 > r tabel (69,0,05) sebesar 0,235) dan p = 0,00 < 0,01 atau 0,05, berarti ada kolerasi positip yang signifikan antara variabel harga (X1) dengan variabel anggota (Y). Hali ini dapat diartikan setiap kenaikan atau penurunan variabel harga (X1) selalu diikuti oleh kenaikan atau penurunan partisipasi

Kolerasi pelayanan (X2) dengan partisipasi anggota (Y) r hitung sebesar 0,376 > r tabel (69 : 0,05) sebesra 0,235 dan P = 0,000 < 0,01, berarti ada kolerasi positip yang signifikan antara variabel pelayanan (X2) dengan variabel partisipasi anggota (Y). Hal ini dapt diartiakn bahwa setiap kenaikan atau penurunan variabel pelayanan (X2) selau diikuti kenaikan atau penurunan variabel partisipasi (Y).

 

 

Kolerasi Secara Simultan

b

Dari hasil data dengan menggunakanSPSS 12.00 besar koefisien determinan (R2) atatu R square 0,612 artinya bahwa sebesar 61,% secara bersama-sama variabel harga (X1) dan pelayanan (X2) mempengaruhi partisipasi anggota (Y) sedangkan sebesar 38,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Pengujian Hipotesis

b

            Diduga ada pengaruh secara simultan variabel harga produk dan pelayan terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sandang Kabupaten Tulungagung

 

Dari hasul data seperti yang terdapat dalam taeble 4.10 besar F hitung adalah 51,988 sedangkan besar F pada db (2; 68 : 0,05) adalah 3,13 berarti F hitung > F tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapt disimpulkan bahwa hipotesa 1 dapat diterima atau ad pengaruh secara simultan variabel harga produk dan pelayanan terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.

 

Pengujian Hipotesi 2 (Analisi Regresi Secara Parsial)

  • Ho : b1 = 0 tidak ada pengaruh variabel X1 terhadap Y
  • Ho : b2 = 0 tidak ada pengaruh variabel X2 terhadap Y

Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara parsial dengan cara membandingkan t hitung dengan t tabel pada taraf nyata 0,05 dengan DF (N-K) = di mana n=60 dan (k) = jumlah variabel adalah 2, jadi (DF = 69 -2 = 67)

b

Dari hasil analisis data di atas dengan menggunakan program SPSS 12.00 dapat diketahui perolehan t hitung sebagai berikut (1) thitung b1 = 1.825 < ttabel = 3,14 berarti Ho diterima Ha ditolak. Kesimpulan tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial variabel harga terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.

Dari analisis data juga terbukti bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap partisipasi anggota adalah variabel pelayan anggota dengan pengaruh 69,4%. Dengan demikian hipotesa ketiga yang menyatakan variabel harga dan pelayanan anggota ada yang paling dominan berpengaruh terhadap partisipasi anggota di KUD Tani Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, diterima.

 

Nama / NPM   : Yunika Kumalasari / 27211672

Kelas / Tahun  : 2EB09 / 2012

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s