Review IV: Pembahasan

Standar

REVIEW

Pengaruh Anggota terhadap Keberhasilan Koperasi KPRI Harum Kec. Punung Kab. Pacitan

Oleh:

Wening Patmi Rahayu

Wening Patmi Rahayu adalah dosen tetap Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negri Malang

Jurnal Ekonomi dan Manajemen Volume 6, Nomor 3, Oktober 2005

PEMBAHASAN

            Pada temuan penelitian memperlihatkan bahwa pada variabel partisipasi insentif (X2) memberikan pengaruh yang lebih kuat terhadap variabel keberhasilan koperasi (Y) apabila dibandingkan dengan variabel partisipasi kontributif (X1). Namun demikian variabel partisipasi kontributif (X1) tetap masih memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel keberhasilan koperasi (Y).

Manfaat yang bisa diambil jika para anggota berpartisipasi secara insentif antara lain: (1) para anggota koperasi bisa berbelanja di koperasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari baik secara tunai maupun kredit; (2) para anggota koperasi dapat menggunakan fasilitas simpan pinjam yang disediakan oleh koperasi dengan lembaga keuangan perbankkan; (3) prosedur pinjaman  tidak berbelit-belit jika dibandingkan dengan meminjam pada lembaga keuangan perbankan, dan prosedur peminjamannya pun relatif lebih mudah; dan (4) para anggota koperasi dapat memanfaatkan sewa kendaraan yang disediakan oleh KPRI Harum Kec. Punung Kab. Pacitan dengan harga sewa yang relatif lebih ringan.

Lain halnya dengan partisipasi kontributif dimana para anggota koperasi tetap dapat menikmati manfaat secara tidak langsung: (1) ikut mengawasi jalannya kegiatan usaha koperasi yang dipercayakan kepada pengurus; (2) mengikuti RAT dan ikut memberikan saran maupun masukan dalam membuat keputusan dalam mengembangkan usaha Koperasi; (3) berpartisipasi dalam kontribusi keuangan.

Terkait dengan perkembangan koperasi maka untuk merangsang dan mewujudkan partisipasi anggota baik dari partisipasi insentif maupun partisipasi kontributif perlu sekali dukungan dari pengurus, pengawas, dan manajer. Bagaimana pun juga perangkat koperasi tersebut akan menentukan kepercayaan terhadap koperasi. Partisipasi angggota yang meningkat jelas akan berpengaruh pada perkembangan kehidupan koperasi yang lebih baik, sehingga keberhasilan usaha koperasi dapat tercapai sesuai tujuan dan harapam bersama dari anggota koperasi.

 

Nama / NPM   : Yunika Kumalasari / 27211672

Kelas / Tahun  : 2EB09 / 2012

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s